Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Bilangan Loncatmelalui Model Pembelajaran Card Sort Pada Siswa Kelas 1 MI Ma’arif Kutowinangun Canden Kutowinangun Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016

Lathifah, Bilqis Ummu (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Bilangan Loncatmelalui Model Pembelajaran Card Sort Pada Siswa Kelas 1 MI Ma’arif Kutowinangun Canden Kutowinangun Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
BILQIS UMMU LATHIFAH (115 11 067).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif Kutowinangun Canden Kutowinangun lor pada Matematika dengan model pembelajaranCard Sort. Masalah yang dikaji adalah apakah penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas 1 MI Ma’arif Kutowinangun Canden Kutowinangun Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang digunakan adalah penetilian tindakan kelas dengan model pembelajaranCard Sort. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 21 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian dilaksanakan pada mata pelajaran Matematika materi Bilangan Loncat 2, 3,dan 4 kelas 1 MI Ma’arif Kutowinangun dengan menggunakan model pembelajara Card Sort. Penelitian ini menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 52,3% dan 10 siswa atau 47,7% belum tuntas dengan rata-rata 66,19. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 71,42% dan 6 siswa atau 28,58% belum tuntas dengan rata-rata 80. Dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 95,3% dan 1 siswa atau 5,70% belum tuntas dengan rata-rata 94,30. Nilai akhir hasil belajar siswa dari pra siklus hingga siklus II memberi bukti bahwa penggunaan model pembelajaran Card sord pada mata pelajaran matematika materi bilangan loncat 2, 3,dan 4 di kelas 1 MI Ma’arif Kutowinangun mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 01:56
Last Modified: 12 Apr 2017 01:56
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item View Item