Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam cerita Nasruddin Hoja

Irhamna, Muh (2016) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam cerita Nasruddin Hoja. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
NILAI-NILAI-PENDIDIKAN-ISLAM-DALAM-CERITA-NASRUDDIN-HOJA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan wawasan nilai-nilai keislaman yang tedapat dalam karya sastra yang berbentuk cerita. Yang mana nilai-nilai islam dalam cerita Nasruddin Hoja. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) apa saja materi pendidikan islam dalam cerita Nasruddin Hoja?, (2) apa saja nilai-nilai pendidikan islam dalam cerita Nasruddin Hoja?, (3) relevansi cerita Nasruddin Hoja dalam pendidikan islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan(library reasearch). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini menggunan teknik deskriptif analisis (descriptive of analyze research) yaitu dengan mencarimengenai bibliografis yaitu pencarian berupa fakta, hasil dan ide pemikiran seseorang melalui cara mencari, menganalisis, membuat interpretasi serta melakukan generalisasi dalam cerita Nasruddin Hoja. Hasil temuan penelitian penelitian dari cerita Nasruddin menunjukkan bahwa: (1) Materi pendidikan islam dalam cerita Nasruddin Hoja yaitu materi pendidikan tauhid, materi pendidikan ibadah dan materi pendidikan akhlak, (2) Nilai-nilai pendidikan islam dalam cerita Nasruddin Hoja yaitu (a) nilai keimanan antara lain iman kepada Allah, iman kepada hati kiamat, iman kepada taqdir Allah, (b) nilai pendidikan ibadah yaitu Shalat, berdo’a, seruan ibadah, sadaqoh, mengikuti sunnah Rasul,pernikahan, dan dzikir. Sedangkan (c) nilai pendidikan Akhlak mencakup a) Nilai pendidikan akhlak sebagai berikut : (1) Akhlak mahmudah yaitu (a) Akhlak terhadap Allah yaitu Tawakal, Taubat, Syukur, Ikhlas, Husnudhon. (b) Akhlak terhadap diri sendiri yaitu Sabar, Optimisme, Kreatif , Ikhtiar, Ta’dzim, Percaya diri. (c) Akhlak kepada sesamayaitu Membela rakyat, Tolong menolong, Silaturahim, Rifq, Bohong demi kebaikan, Dermawan, Menghibur, Berbakti, Memberi salam. (2) Akhlak madzmumah adapun nilai pendidikannya yaitu larangan meremehkan orang lain, memubadzirkan makanan, larangan sombong, ingkar janji, pelit, riya’, menyuap, tamak, dzalim, kata kasar, dendam, bohong dan marah. (3) Relevansi cerita Nasruddin Hoja dalam pendidikan islam adapun sebagai berikut: (a) Relevansi karakter Nasruddin dalam pendidikan Islam yaitu menjunjung nilai moral, berani bertindak kritis, Amar Ma’ruf Nahi Munkar, menjauhi penyakit hati. (b) Relevansi Cerita Nasruddin dalam pendidikan islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:19
Last Modified: 12 Apr 2017 03:19
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item