Hubungan Antara Interaksi Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Terpadu (SMKT) Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Aziz, Arif Syaiful (2016) Hubungan Antara Interaksi Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Terpadu (SMKT) Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI EDUKATIF GURU DAN SISWA DENGAN MOT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru merupakan komponen pengajaran yang berperan penting dan utama, keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru. Di SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, peneliti menemukan sekolah ini memiliki variasi intensitas interaksi edukatif antara guru dan siswa. Guru yang melakukan interaksi edukatif dengan siswa secara intensif, ditemukan siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dan rendah. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian tentang hubungan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa di SMKT Al-Huda Petak ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana variasi interaksi edukatif guru dan siswa di SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017?, 2. Bagaimana variasi motivasi belajar siswa di SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten SemarangTahun Pelajaran 2016/2017? 3. Apakahada hubungan positif dan signifikan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa di SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Variasi interaksi edukatif guru dan siswa di SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Variasi motivasi belajar siswa di SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2016/2017. 3. Hubungan positif dan signifikanantara interaksi edukatif guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa di SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penulis menggunakan penelitian populasi, dimana subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas X-XII SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Data diambil dengan mengunakan metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data tentang interaksi edukatif guru dan siswa SMKT Al-Huda Petak tahun pelajaran 2016/2017 dalam kategori sedang, motivasi belajar siswa SMKT Al-Huda Petak tahun pelajaran 2016/2017 juga dalam kategori sedang. Hasil analisis yang diperoleh adalah (0,526) lebih besar dari r tabel yaitu (0,207) pada taraf 5% maupun (0,270) pada taraf 1%. Dengan demikian ada hubungan secara positif dan signifikan antara interaksi edukatif guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa SMKT Al-Huda Petak Desa Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:23
Last Modified: 12 Apr 2017 03:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1503

Actions (login required)

View Item View Item