Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kawengen 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017

Fatmawati, Elly (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kawengen 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi _Elly Fatmawati1 (1512083).pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung perkalian yang masih rendah dan belum memenuhi target capaian ketuntasan secara klasikal. Rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yaitu 58,4. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian KKM yaitu 85% dibuktikan dengan hasil dari Pra Siklus bahwa siswa yang tuntas sebanyak 6 anak dengan presentase 32%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM matematika mengenai operasi hitung perkalian dengan menggunakan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada kelas IV MI Kawengen 01 kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 01 Agustus 2016, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 05 Agustus 2016 dan Siklus III dilaksanakan pada tanggal 08 Agustus 2016. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV MI Kawengen 01 dengan jumlah 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MI Kawengen 01 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang tahun ajaran 2016/2017, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat memenuhi target pencapaian KKM 85% matematika operasi hitung perkalian pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika pada setiap siklus dan adanya capaian presentase hasil belajar matematika yang secara klasikal sudah melampui batas capaian KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari Pra Siklus ke Siklus I yaitu 15,8 dengan nilai rata-rata Pra Siklus 58,4 dan Siklus I 74,2. Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 4,7 dari nilai rata-rata 74,2 menjadi 78,9. Siklus III dihasilkan nilai rata-rata 84,7 dengan peningkatan sebanyak 5,8 dari Siklus II. Tercapaianya target pencapaian KKM terbukti pada hasil dari Siklus III dengan rincian; Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 anak dengan presentase ketuntasan baru mencapai 58%, kemudian Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 14 anak dengan presentase ketuntasan masih 74% dan Siklus III siswa yang tuntas sebanyak 17 anak dengan presentase ketuntasan sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 89%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:40
Last Modified: 12 Apr 2017 03:40
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1509

Actions (login required)

View Item View Item