PENGARUH INTENSITAS PELAKSANAAN SHALAT TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MTS AL HADI GIRIKUSUMO MRANGGEN DEMAK

MUSLIKATUN, MUSLIKATUN (2016) PENGARUH INTENSITAS PELAKSANAAN SHALAT TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MTS AL HADI GIRIKUSUMO MRANGGEN DEMAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUSLIKATUN 11111204.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muslikatun. 2016. Pengaruh Intensitas Pelaksanaan Shalat Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Di MTs Al Hadi Girikusumo Mranggen Demak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M. Pd.I. Kata kunci: Pengaruh intensitas Pelaksanaan shalat terhadap kecerdasan emosional Kecerdasan emosional merujuk kepada kemampuan untuk memotivasi diri, bertahan menghadapi frustasi, dapat mengendalikan dorongan hati, dapat mengatur suasana hati, dan dapat mengontrol emosi. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan diatas salah satunya dengan melaksanakan shalat. Karena shalat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar dengan shalat kita akan merasa dekat dengan Allah jadi hati ini akan merasa aman dan terlindungi. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana intensitas pelaksanaan shalat siswa, tingkat kecerdasan emosional siswa, serta pengaruh intensitas pelaksanaan shalat terhadap kecerdasan emosional siswa di MTs Al Hadi GiriKusumo Mranggen Demak. Pernyataan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana intensitas pelaksanaan shalat siswa di MTs Al Hadi Girikusumo Mranggen Demak?, (2) Sejauh mana tingkat kecerdasan emosional siswa di MTs Al Hadi Girikusumo Mranggen Demak?, dan (3) Apakah ada pengaruh positif antara intensitas pelaksanaan shalat dengan kecerdasan emosional siswa di MTs Al Hadi Girikusumo Mranggen Demak?. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Al Hadi Girikusumo Mranggen Demak yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara intensitas pelaksanaaan shalat terhadap kecerdasan emosional siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui analisis uji hipotesis dan analisa lanjutan dengan menggunakan rumus Korelasi “Product Moment” .Adapun nilai ro = 0,431 sedang nilai rt 5% = 0,304. Jadi “Hipotesis” yang penulis ajukan, tentang adanya Pengaruh Intensitas Pelaksanaan Shalat Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Al Hadi Giri Kusumo Mranggen Demak diterima (signifikan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2017 04:27
Last Modified: 13 Apr 2017 04:27
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item