Ragam Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur’an Gading Tengaran Semarang Tahun 2016

Mafakhir, Magfirotul (2016) Ragam Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur’an Gading Tengaran Semarang Tahun 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Ragam metode pembelajaran tahfidzul Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur’an Tengaran Semarang. 2). Implementasi dari ragam metode tahfidzul Qur’an Santri di Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur’an Tengaran Semarang. 3). Kelebihan dan kekurangan dari ragam metode pembelajaran tahfidzul Qur’an Bustanu Usysyaqil Qur’an Tengaran Semarang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan mulai bulan Mei 2016 di Dusun Duren, Gading, Tengaran, Semarang Tahun 2016. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data ditranskrip menjadi data yang lengkap. Transkrip data di analisis dengan metode deduktif, induktif. Hasil penelitian menunjukkan metode yang diterapkan dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an adalah metode wahdah, metode tahsin, metode sima’i dan metode muraja’ah atau gabungan umum. Implementasi metode tersebut secara global dapat dibagi menjadi dua waktu yakni setelah qiyamullail dan diantara waktu Maghrib dan Isya’. Untuk kelebihan metodenya hafalan lebih terjaga dan bacaannya lebih fasih dan lancar sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf. Kemudian kekurangan dari metode tersebut adalah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menambah hafalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2017 05:33
Last Modified: 13 Apr 2017 05:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item