Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Kedisiplinan Menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Muntaha Cebongan Salatiga Tahun 2015

Zahro, Afif Fatimatuz (2016) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Kedisiplinan Menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Muntaha Cebongan Salatiga Tahun 2015. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
AFIF FATIMATUZ ZAHRO 11112105.pdf

Download (3MB)

Abstract

Gadget merupakan alat yang sangat berkembang pada saat ini, yang dapat igunakan untuk berkomunikasi, mencari informasi, media belajar ataupun media hiburan. Pondok pesantren Al-Muntaha merupakan pondok pesantren modern yang santri boleh menggunakan gadget. Dengan begitu santri menggunakan gadget untuk menunjang hafalannya atau untuk hiburan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Intensitas pengunaan gadget di Pondok Pesantren Al-Muntaha Cebongan Salatiga Tahun 2015. 2). Tingkat kedisiplinan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Muntaha Cebongan Salatiga Tahun 2015. 3). Adakah hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap kedisiplinan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Muntaha Cebongan Salatiga Tahun 2015. Metode Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode penggumpulan data berupa angket dan metode dokumentasi, menggunakan analisis prosentase dan product moment. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa:1) IntensitasPenggunaan Gadget menunjukkan hasil sebagai berikut : Skor A dengan kategori sangat intens berjumlah 9 responden dengan prosentase 29,03 %,Skor B dengan kategori intens berjumlah 17 responden dengan prosentase 54,84%, Skor C dengan kategori cukup intens berjumlah 5 responden dengan prosentase 16,13 %. 2) Kedisiplinan Menghafal al-Quran menunjukkan hasil sebagai berikut :Skor A dengan nilai kategori sangat baik berjumlah 22 responden dengan prosentase 70,97 %, Skor B dengan nilai kategori baik berjumlah 5 responden dengan prosentase 16,13 %, Skor C dengan nilai kategori cukup baik 4 responden dengan prosentase 12,90 %. 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Kedisiplinan Menghafal al-Quran dari hasil penghitungan r_xy menunjukkan 0,049, artinya berdasarkan tabel r product momentr_xy lebih besar atau sama dengan r tabel pada N = 31 pada taraf signifikasi adalah 0,456. Dan r_xy yang diperoleh adalah 0,049, r_xy lebih kecil dari r tabel yang berarti r_xy lebih kecil dari r tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Kedisiplinan Menghafal al-Quran di Pondok Pesantren al-Muntaha Kelurahan Argomulyo Kecamatan Cebongan Kota Salatiga. Sehingga hipotetis ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:41
Last Modified: 13 Apr 2017 07:41
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item