Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Materi Haji Melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Tahun Pelajaran 2015/2016

Supriyanto, Supriyanto (2016) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Materi Haji Melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi PTK 2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Materi pembelajaran haji dirasakan kurang menarik bagi siswa, dikarenakan siswa dituntut menghafal semua yang ada dalam materi, serta guru hanya sekedar ceramah yang monoton sehingga cenderung membosankan bagi peserta didik, tidak banyak melibatkan peserta didik dalam psoses pembelajaran. Peserta didik hanya dijadikan sebagai obyek yang harus menerima ilmu dari guru bagaikan anak burung yang hanya menunggu diberi makan oleh induknya. Hal tersebut terlihat dari kurangnya motivasi dan keingintahuan mereka untuk memahami masalah yang berkaitan dengan haji, sehingga mayoritas siswa mengalami kesulitan belajar haji terbukti dari analisis nilai siswa pada mata pelajaran haji menunjukkan hasil yang kurang optimal yaitu banyak siswa yang belum tuntas belajarnya, hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang masih dibawah KKM (70). Salah satu untuk mengatasi hal tersebut dalam pembelajaran haji adalah melalui pemanfaatan media pembelajaran interaktif audio visual, dengan media ini dapat membantu siswa untuk memahami materi haji yang diterima, serta mudah digunakan sehingga meningkatkan aktivitas belajar , proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna yang pada akhirnya dapat meninkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah a) untuk mengetahui peningkatan hasil belajarmateri hajipada siswa kelas V MI Miftahul Huda Sumbrejo 01 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016, b) melaluimedia pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar haji siswa kelas V MI Miftahul Huda Sumberejo 01 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, berdasarkan hasil tes awalpenelitian tindakan ini didesain menjadi dua siklus dengan tiap –tiap siklus masing – masing 2 jam pelajaran (2 x 35 menit) yang meliputi kegiatan : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa : Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan melalui penerapan metode media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni peningkatan rata-rata nilai evaluasi siswa yaitu dari 63 (ketuntasan 29%) pada pra siklus berubah menjadi 77 (ketuntasan 71%) pada siklus I, dan di akhir siklus II menjadi 83 (ketuntasan 90%). Hal ini membuktikan bahwasannya dengan adanya media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar fikih siswa kelas V di MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Kec. Pabelan Kab. Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:06
Last Modified: 17 Apr 2017 02:06
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item