IMPLEMENTASI PROGRAM HAMALATIL QURAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL QURAN TETER SIMO BOYOLALI

ARAFAT, IMAM AGUS (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM HAMALATIL QURAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL QURAN TETER SIMO BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IMPLEMENTASI PROGRAM HAMALATIL QURAN PDF.pdf

Download (5MB)

Abstract

Arafat, Imam Agus. 2016. Implementasi Program Hamalatil Quran Pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Quran Teter Simo Boyolali. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Supardi, M.A. Kata Kunci : Program Hamalatil Quran Al-Quran adalah sumber utama ajaran Islam dan pedoman terbaik bagi kehidupan setiap muslim. Manusia yang senantiasa berinteraksi dengan al-Quran, tidak hanya membaca akan tetapi memahami dan mengamalkan isi kandungannya, maka al-Quran akan menjadi pembersih jiwa manusia. Program Hamalatil Quran adalah rangkaian kegiatan yang berjalan secara berkelanjutan mengenai pembelajaran al-Quran, mulai dari ilmu tajwid, kajian ilmu-ilmu al-Quran dan menghafal al-Quran. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan ke dalam tiga pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana sistem pendidikan di Pondok Nurul Quran? (2) Bagaimana metode pembelajaran Hamalatil Quran di Pondok Pesantren Nurul Quran? (3) Bagaimana implementasi Program Hamalatil Quran pada santri di Pondok Pesantren Nurul Quran?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara mengamati kegiatan-kegiatan pondok pesantren untuk mencari data, wawancara oleh peneliti dilakukan kepada pengasuh, pengurus dan beberapa santri pondok pesantren, dan peneliti mengumpulkan data melalui tulisan, rekaman, gambar, dan karya agar hasil penelitian akan lebih dapat dipercaya jika didukung oleh dokumen. setelah data sudah terkumpul, maka peneliti mengorganisasi data, memecah data menjadi unit-unit data, mencari pola-pola tertentu, mencari hal-hal yang penting untuk dipelajari dan apa yang akan diceritakan. Hasil temuan penelitian menunjukkan: (1) Sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Quran adalah sistem gabungan antara salaf dan khalaf. (2) Metode pembelajaran Hamalatil Quran di Pondok Pesantren Nurul Quran menggunakan metode sorogan al-Quran bin nadzar dan bil ghoib, metode bandongan untuk kajian ilmu-ilmu al-Quran, dan metode hafalan. (3) Implementasi program Hamalatil Quran dilaksanakan dengan tiga kegiatan, yaitu pembelajaran tentang ilmu tajwid, kajian kitab tentang ilmu-ilmu al-Quran, dan tahfidzul Quran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:49
Last Modified: 17 Apr 2017 02:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item