Kesehatan Mental menurut Hasan Langgulung dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam

Hamidah, Indah Nurul (2017) Kesehatan Mental menurut Hasan Langgulung dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsiinimerupakanupayauntukmengetahuikesehatanmentalmenurut HasanLanggulungdanimplikasinyadalamPendidikanAgamaIslam.Penelitian yangingindijawabdalampenelitianiniadalahPertama,Apapengertiandari kesehatanmentalmenurutHasanLanggulung?Kedua,Bagaimanaimplikasi kesehatan mental menurut HasanLanggulungdalamPendidikan AgamaIslam? Metodeyangdigunakanpenelitiyaitukepustakaan(literature).Penelitian inidilakukandenganmenggunakanteknikpengumpulandatadengancara mengamatipadasumber-sumbertertentu,mencari,menelaahbuku-buku,artikel ataulainnyakaryaHasanLanggulungdanyangberkaitandenganskripsiini. Pengumpulandatadibagimenjadiduasumberyaitudataprimerdansekunder. Kemudian data dianalisis menggunakan metodedeskriptif dan analisis. Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)Kesehatanmentalmenurut HasanLanggulungadalahkondisimentalyangmengarahkepadakeselamatandan kebahagiaanyangberlakudiduniaini.Karenakebahagianduniahanyalahjalan kearahkebahagiaanakhirat.(2)DiduniapendidikanIslam,implikasikesehatan mental dalamPendidikanAgamaIslam diantaranyaa)Kesehatanmentaldan PendidikanAgamaIslammemilikihubunganyangsangaterat,karenasama-sama untukmembentukkepribadian,tingkahlakudansikapyangbaiksertasehatpada pesertadidik.b)TujuanPendidikanAgamaIslamuntukmenumbuhkandan meningkatkankeimananmelaluipemberiandanpemupukanpengetahuanpeserta didiktentangagamaIslamsehinggamenjadimanusiamuslimyangterus berkembang dalam halkeimanan danketakwaannya.c)Fungsi PendidikanAgama IslamuntukmerealisasikankeinginanajaranIslamyangmembawamisi kesejahteraandankekokohankeberagamaanmanusiasebagaihambaAllahlahir danbatin.d)Kurikulum PendidikanAgamaIslammerupakanalatuntukmencapai tujuanPendidikanAgamaIslam,yangdisusunberdasarkankonsep pengembanganilmupengetahuan,pengalaman,keterampilan,sikapdannilai moralketuhanansehinggakurikulumyangdikembangkandapatmembentuk pribadimuslimyangkuat.e)Materiajarsangatlahpentingkarenadarisitulah ilmu-ilmukeberagamaandiperoleh,penentuanmateriajarharusdidasarkanpada tujuan,baikdarisegicakupan,tingkatkesulitan,maupunorganisasinya.Diantara itusemuaPendidikanAgamaIslaminginmenjadikanpesertadidikmenjadi pribadimuslimyangkuatdalamsegipengetahuandankeagamaan.Yangakan membawapesertadidikkepadakehidupanyanglebihbaik,terhindardarisegala sesuatuyangmengancamkehidupanduniasertadapatbahagiadanselamatdi akhirat kelak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:35
Last Modified: 26 Apr 2017 07:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item