Nilai-nilai Pendidikan Akhlak pada Novel Moga Bunda Disayang Allah Kerya Tere Liye

Latifah, Nur (2017) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak pada Novel Moga Bunda Disayang Allah Kerya Tere Liye. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
NUR LATIFAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah nilai-nilai pendidikanAkhlak dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye? 2.Bagaimanakah karakter tokoh yang patut diteladani dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye? 3. Bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye dalam pendidikan?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (liblary research), sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter (bibliografis), analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan Akhlakyang terkandung dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah diantaranya: Nilai pendidikan akhlak kepada Allah : percaya kepada Allah (tawakal, dan taqwa) , meyakini nama-nama Allah (asmaul husna) , meyakini qada dan qadarnya Allah. Nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri : sabar, bersyukur, tidak mudah putus asa, optimis, malu, sederhana, jujur, dan berkerja keras. Nilai pendidikan akhlak kepada keluarga : hak, kewajiban dan kasih sayang suami istri, kasih sayang dan tanggung jawab orang tua terhadap anak, dan birrul walidain. Nilai pendidikan akhlak terhadap sesama : menerima tamu. (2) karakter tokoh utama diantaranya: Melati : periang, lucu, suka bercanda, dan keras kepala, Bunda HK : penyayang, sabar, dan taat pada suami, Tuan HK : tegas, pekerja keras, dan penyayang keluarga, Karang : penyayang anak-anak, Kinasih : ramah, lemah, lembut, dan penyayang, Salamah : pelupa, dan setia, Ibu-ibu gendut : lembut, sabar, dan kasih sayang, Dokter Riyan : pengagum dan tanggung jawab. (3) relevansi nilai pendidikan akhlak dalam pendidikan yaitu pendidikan akhlak dalam pendidikan sangat terkaitan erat. Akhlak manusia yang ideal dan mungkin dapat dicapai dengan usaha pendidikan dan pembinaan yang sungguh-sungguh, tidak ada manusia yang mencapai keseimbangan yang sempurna kecuali apabila ia mendapatkan pendidikan dan pembinaan akhlaknya secara baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:59
Last Modified: 27 Apr 2017 07:59
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item