PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN TUMBUHAN MELALUI METODE BAMBOO DANCING PADA SISWA KELAS III MI KLERO KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015

Sariati, Yuni (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN TUMBUHAN MELALUI METODE BAMBOO DANCING PADA SISWA KELAS III MI KLERO KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Yuni Sariati_11511029.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi penggolongan tumbuhan pada siswa kelas III MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2015. Yang menjadi subyek penelitian yaitu siswa kelas III dengan jumlah siswa laki-laki 22 dan perempuan 14. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Juli-Agustus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti membandingkan nilai tiap siklus dengan KKM yang ditentukan oleh sekolah dengan tolak ukur Kriteria Ketuntasan Klasikal (KKL). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada siklus I dan II maka diperoleh hasil : sebelum menggunakan metode Bamboo Dancing hanya 14 (38,90%) siswa yang tuntas, 22 ( 61,11%) siswa tidak tuntas. Setelah menggunakan metode Bamboo Dancing pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 24 (66,67%) tuntas dan 12 (33,33%) tidak tuntas. Pada siklus II yaitu 33 (91,67%) siswa yang tuntas dan 3 (8,33%) siswa tidak tuntas. Perbandingan hasil belajar dari pra siklus dengan siklus I yaitu terjadi peningkatan sebesar 22,21%, sedangkan jika dibandingkan dengan siklus II terjadi peningkatan sebesar 25%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Bamboo Dancing hasil belajar siswa kelas III MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2016 07:08
Last Modified: 12 Feb 2016 07:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item