Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Fiqih Dengan Metode Bahtsul Masa’il Pada Siswa Kelas VII di SMP IT Al-Ittihad Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017

Masruroh, Chasna (2017) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Fiqih Dengan Metode Bahtsul Masa’il Pada Siswa Kelas VII di SMP IT Al-Ittihad Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Skripsi Full Bu Hasna.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Fiqih di kelas VII SMP IT Al-Ittihad Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah proses pembelajaran dengan menggunakan metode bahtsul masa’il. Penelitian ini mengacu pada permasalahan pokok, apakah penggunaan metode bahtsul masa’il dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi fiqih di kelas VII SMP IT Al-Ittihad Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes/penilaian. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas dan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran, metode tes/penilaian digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam mengikuti metode bahtsul masa’il. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bahtsul masail dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam materi fiqih pada siswa kelas VII SMP IT Al-Ittihad Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil belajar siswa pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 32% dan 15 siswa atau 68% yang belum tuntas, siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 54,5% dan 10 siswa atau 45,4% yang belum tuntas dengan rata-rata 76,45. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 91% dan 2 siswa atau 0,9% belum tuntas dengan rata-rata 86,63. Dalam pencapaian ketuntasan klasikal sebanyak 45,4% siswa yang tuntas dan dalam siklus II ini sudah 91% siswa yang tuntas maka siklus dihentikan dan dinyatakan penelitian berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2017 01:58
Last Modified: 28 Apr 2017 01:58
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item View Item