PELAKSANAAN KHUTBAH JUM’AT DI SEKOLAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KESADARAN BERIBADAH (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 13 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2015)

Ummah, Faizatul (2015) PELAKSANAAN KHUTBAH JUM’AT DI SEKOLAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN KESADARAN BERIBADAH (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 13 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2015). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Faizatul Ummah_11111096.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara muslim terbe sar di dunia, dimana penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim. Oleh sebab itu maka lembaga yang berkembang di Indonesia banyak yang di warnai dengan pola pendidikan islam. Pendidikan islam di Indonesia, jika kita melihat dari sejarahnya dan perkembangannya hingga saat ini banyak mengalami kemajuan dalam berbagai hal diantaranya adalah dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai jenjang dan jalur pendidikan. Salah satunya adalah pendidikan formal. Di antara satuan kegiatan yang dapat ditempuh dalam pendidikan formal adalah kegiatan jum‟atan di sekolah. Dalam ibadah jum‟atan ada khutbah yang sebagai media pendidikan agama Islam. Khutbah bukan saja sebagai ibadah, tetapi juga menambah wawasan ilmu agama bagi siswa. Khutbah idealnya bukan hanya didengarkan, tetapi juga diperhatikan secara seksama dan khitmat. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjawab (1) bagaimana Pelaksanaan Khutbah Jum‟at di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro?, (2) bagaimana Pembentukan kesadaran beribadah di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro?, (3) apakah ada relevansi antara pelaksanaan khutbah jum‟at dengan pembentukan kesadaran beribadah di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan menggunakan metode pengumpulan data denga cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Temuan peneliti ini menunjukkan bahwa: (a) Pelaksanaan khutbah jum‟at di lakukan dengan baik sesuai dengan rukun khutbah, menyampaikan khutbah dengan singkat, padat, dan suara lantang, boleh menggunakan tongkat, iqomah bila khutbah selesai. Namun yang masih kurang dalam penyampain khutbah ini siswa ada yang mendengarkan dan ada juga yang malah tidur, bermain sendri dan megobrol dengan temannya. (b) .Pembentukan kesadaran beribadah di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro ini dirasa baik. Karena dalam kegiatan ini secara keseluruhan memang bagus, dan semuanya memiliki tujuan yang positif untuk para siswa baik dalam bidang akademik maupun dalam kehidupan sehari-hari. (c). Relevansi pelaksanaan khutbah jum‟at dengan pembentukan kesadaran beribadah sebenarnya berkaitan erat. Hal ini dikarenakan pelaksanaan khutbah jum‟at ini merupakan salah satu program yang menopang dalam pembentukan kesadaran beribadah siswa. Namun dalam pelaksanaan khutbahnya yang masih kurang, siswa belum bisa mengikuti khutbah jum‟at dengan mendengarkan secara seksama dan khitmat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 01:50
Last Modified: 15 Feb 2016 01:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item