PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS III SD N GEDANGAN 02 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Amirudin, Riza (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS III SD N GEDANGAN 02 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Riza Amirudin_11510037.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Gedangan 02 pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan Alam dan Buatan melalui media tiga dimensi. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas III SD Negeri Gedangan 02 tahun pelajaran 2014/2015? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan empat tahapan, yaitu tiga kali siklus dengan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Lingkungan Alam dan Buatan. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD Negeri Gedangan 02 yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian ini menerapkan media tiga dimensi pada saat pembelajaran IPS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media tiga dimensi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III SD Negeri Gedangan 02. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu pada pra siklus ke siklus I, angka peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 3 siswa atau 21%.Dari siklus I ke siklus II angka peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 4 siswa atau 29%. Dari siklus II ke siklus III angka peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 4 siswa atau 29%. Data tersebut mnunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dari siklus I, siklus II, dan siklus III yaitu menigkat 8 siswa atau 57%. Mengacu pada hasil penelitian peneliti menyarankan kepada tenaga pendidik supaya saling bahu membahu dalam menciptakan pembelajaran yang bervariasi dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:30
Last Modified: 15 Feb 2016 02:30
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item