Shodiqin, Imam Ahmad (2015) PENERAPAN METODE DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI HAFALAN BACAAN SALAT KELAS II MI MA’ARIF DUKUH SALATIGA TAHUN AJARAN 2013-2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Imam Ahmad Sodiqin_11509056.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi hafalan bacaan salat dengan metode drill pada siswa kelas II di MI Ma‟arif Dukuh Salatiga. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas II MI Ma‟arif Dukuh Salatiga tahun pelajaran 2013/2014? (2) apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan hafalan bacaan salat kelas II MI Ma‟arif Dukuh Salatiga tahun pelajaran 2013/2014? Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas II MI Ma‟arif Dukuh Salatiga tahun pelajaran 2013/2014. Ini dibuktikan dengan hasil dari pengamatan yang mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 37% menjadi 47% pada siklus II, dan pada siklus III menjadi 74%. Begitu juga dari hasil test yang diperoleh pada siklus I dengan rata-rata 63 prosentase ketuntasan mencapai 43%, pada siklus II dengan rata -rata 71 prosentase katuntasan mencapai 68%. Pada siklus III dengan rata -rata 83,5 prosentase mencapai 90%. Ini menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar siswa yang diiringi dengan meningkatnya prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Feb 2016 02:32 |
Last Modified: | 15 Feb 2016 02:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/174 |
Actions (login required)
View Item |