PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA KANTONG BILANGAN KELAS II MIN DALAMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yanti, Ika Dwi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI NILAI TEMPAT MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA KANTONG BILANGAN KELAS II MIN DALAMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ika Dwi Yanti_11510087.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II di MIN Dalaman pada materi nilai tempat. Berdasarkan pengamatan awal diketahui nilai rata-rata siswa kelas II pada materi nilai tempat yaitu 47,65. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya perencanaan dalam mengolah materi yang akan diajarkan. Masalah utama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika melalui metode bermain kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan nilai tempat kelas II MIN Dalaman tahun 2014? Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II MIN Dalaman dengan jumlah 22 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan, soal evaluasi berupa essay, dokumentasi, dan angket umpan balik pada pembelajaran nilai tempat melalui metode bermain kantong bilangan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas II MIN Dalaman merasakan perubahan dalam memahami nilai tempat bilangan dan menunjukkan bahwa metode bermain kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MIN Dalaman dalam materi nilai tempat dengan dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar. Siklus I presentase ketuntasan mencapai 36,37 dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥70 ada 8 siswa. Siklus II presentase ketuntasan mencapai 77,2 dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥70 ada 17 siswa. Siklus III presentase ketuntasan mencapai 90 dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥70 ada 20 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:35
Last Modified: 15 Feb 2016 02:35
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item