PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KANIGORO KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/201

SULKHA, AMALIA (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KANIGORO KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/201. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AMALIA SULKHA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sulkha, Amalia. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Melalui Metode Course Review Horay pada siswa Kelas IV MI Ma’arif Kanigoro Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci : Metode Course Review Horay dan Hasil Belajar IPA Dalam pembelajaran IPA perlu adanya inovasi metode yang digunakan Guru untuk menyampaikan materi.Terutama pada materi yang akan dibahas pada skripsi ini yaitu tentang materi Sumber Daya Alam. Guru dalam menyampaikan materi masih monoton, terlihat di MI Ma’arif Kanigoro semua materi IPA disampaikan dengan metode ceramah. Kenyataanya pada saat guru menjelaskan siswa kurang fokus, ada yang bercanda, mengobrol, dan ngantuk, akibatnya siswa cenderung pasif dan rendahnya nilai yang belum mencapai KKM 62. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam melalui metode Course Review Horay pada siswa Kelas IV MI Ma’arif Kanigoro Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, untuk mengumpulkan data, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Pelaksanaan, Implementasi atau penerapan isi rancangan, (3) Pengamatan (observasi), Pengumpulan data melalui pengamatan terhadap siswa, dan proses belajar, (4) refleksi, melakukan evaluasi tindakan kelas yang telah dilakukan dalam pembelajaran dan memperbaiki pelaksanaan tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Kanigoro Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 11 Laki-laki dan 12 perempuan. Peneliti ini menggunakan metode course review horay pada saat pembelajaran IPA. Temuan dari peneliti menunjukkan bahwa melalui metode Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI Ma’arif Kanigoro Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Dapat dilihat dari hasil belajar pada Pra siklus terdapat 10 siswa yang tuntas dengan persentase 43,47%, pada siklus I sebanyak 16 siswa yang tuntas dengan persentase 69,56%, dan ada siklus II sebanyak 21 siswa yang tuntas dengan persentase 91,30%. PTK ini dinyatakan berhasil karena ketuntasan belajar siswa 91,30% (≥ 85%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:04
Last Modified: 30 Oct 2017 04:04
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item View Item