PENDIDIKAN MORAL ANAK PADA KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus di Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun 2017)

Zainiyah, Khoirotuz (2017) PENDIDIKAN MORAL ANAK PADA KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus di Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun 2017). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHOIROTUZ ZAINIYAH 111 13 005.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Khoirotuz Zainiyah. 2017. Pendidikan Moral Anak Pada Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Desa Pucangrejo Kecamatn Gemuh Kabupaten Kendal) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Rasimin, M.Pd. Kata Kunci : Pendidikan Moral Anak, Keluarga Broken Home Penelitian ini membahas tentang Pendidikan Moral Anak Pada Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal). Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pola pendidikan moral anak pada keluarga broken home di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, 2) Adakah faktor penghambat dan pendukung dalam pendidikan moral anak pada keluarga broken home di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, 3) Bagaimana solusi yang ditemukan dalam pendidikan moral anak pada keluarga broken home di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal? Dengan demikian, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan moral anak pada keluarga broken home di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pendidikan moral anak pada keluarga broken home dan solusi yang ditemukan dalam pendidikan moral anak pada keluarga broken home. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada. Kemudian mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pendidikan moral anak pada keluarga broken home di Desa Pucangrejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal dengan menggunakan: metode teladan, Hiwar (percakapan), pembiasaan diri dan pengalaman, nasihat dan hukuman. Sedangkan faktor penghambat dan pendukung: karena faktor anak malas untuk belajar, perilaku menyimpang anak dan kurangnya pemahaman dalam pendidikan Islami. Adapun faktor pendukung yaitu pemberian pendidikan moral sejak dini sehingga anak terbiasa dengan sadar berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku, memberikan pendidikan yang tidak hanya anak belajar di pendidikan formal anak juga perlu belajar di pendidikan non formal. Solusi dalam masalah ini dengan pemberian moral yang mendalam, pentingnya agama untuk membentengi moral anak dan membatasi pergaulan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:37
Last Modified: 30 Oct 2017 04:37
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1826

Actions (login required)

View Item View Item