Hubungan Intensitas Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim Dengan sikap Ta’dzim santri terhadap Guru di Pondok Pesantren Nurul Asna Pulutan, Kecamatan Sidorejo Salatiga

Munir, Misbakhul (2017) Hubungan Intensitas Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim Dengan sikap Ta’dzim santri terhadap Guru di Pondok Pesantren Nurul Asna Pulutan, Kecamatan Sidorejo Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
bab 1-5.pdf

Download (3MB)

Abstract

Munir, Misbakhul. 2017. Hubungan Intensitas Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim dengan Sikap Ta’dzim Santri Terhadap Guru di Pondok Pesantren Nurul Asna Pulutan kec. Sidorejo Salatiga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd. Kata kunci: intensitas belajar, kitab ta’limul muta’allim, sikap Ta’dzim. Penelitian ini merupakan upaya untuk menjawab apakah ada hubungan intensitas belajar kitab Ta’lim Muta’alim dengan sikap ta’dzim santri terhadap guru di Pondok Pesantren Nurul Asna Pulutan Kec. Sidorejo Salatiga. Pertanyaan pertama yang ingin di jawab (1) Bagaimanakah intensitas santri dalam mengikuti pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren Nurul Asna? (2) Bagaimanakah sikap ta’dzim santri terhadap guru di Pondok Pesantren Nurul Asna? (3) Adakah hubungan antara intensitas belajar kitab Ta’lim Muta’alim dengan sikap ta’dzim santri terhadap guru di Pondok Pesantren Nurul Asna Metode penelitian yang digunakan adalah mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Asna Pulutan kec. Sidomukti Salatiga dengan populasi sebanyak 128 Santri dan sampel sebanyak 46 Santri. Jenis data yang digunakan adalah penelitian lapangan (research), sumber datanya meliputi data primer dan data sekunder, sedangkan pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) intensitas Santri dalam mengikuti Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dalam katagori baik, ada 31 responden, dengan angka sebesar 42,44 berada pada interval katagori antara 35-44 dan hasil presentase sebanyak 67,4%. (2) Sikap Ta’dzim Santri berada dalam katagori baik ada 30 responden, dengan angka sebesar 47,6 berada pada interval katagori antara 39-50 dan hasil presentasenya sebanyak 65,2%. (3) Ada Hubungan yang positif antara Intensitas Belajar Kitab Ta’lim Muta’alim dengan Sikap Ta’dzim Santri Terhadap Guru di Pondok Pesantren Nurul Asna. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,498 kemudian dikonsultasikan dengan r tabel padataraf signifikansi 1% sebesar 0,376. Maka dari itu berarti lebih besar dari nilaitabel 0,498> 0,376 sehingga hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:11
Last Modified: 30 Oct 2017 07:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item View Item