KONSEP PENDIDIKAN BERBUSANA MUSLIMAH DALAM BUKU KUDUNG GAUL, BERJILBAB TAPI TELANJANG KARYA ABU AL-GHIFARI DAN JILBAB FUNKY TAPI SYAR’I KARYA SOLICHUL HADI

Santoso, Agus (2015) KONSEP PENDIDIKAN BERBUSANA MUSLIMAH DALAM BUKU KUDUNG GAUL, BERJILBAB TAPI TELANJANG KARYA ABU AL-GHIFARI DAN JILBAB FUNKY TAPI SYAR’I KARYA SOLICHUL HADI. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Agus Santoso_11109093.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan yang terkandung dalam busana muslimah yang disyariatkan oleh Islam dengan kriteria yang harus dipatuhi oleh para pemeluknya yang taat. Pertanyaan utama yang ini dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan berbusana muslimah dalam buku Kudung Gaul, Berjilbab tapi Telanjang karya Abu- Al-Ghifari, (2) Bagaiman konsep pendidikan berbusana muslimah dalam buku Jilbab Funky tapi Syar‟i karya Solichul Hadi, dan (3) Bagaimana perbandingan konsep pendidikan berbusana dalam buku Kudung Gaul, Berjilbab tapi Telanjang karya Abu- Al-Ghifari dan dalam buku Jilbab Funky tapi Syar‟i karya Solichul Hadi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian kepustakaan (library research), karena yang dijadikan objek kajian adalah hasil karya tulis yang merupakan hasil pemikiran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari kedua buku tersebut sepakat betapa pentingnya menjaga nilai yang terkandung dalam berbusana muslimah dengan cara berpakaian atau berbusana muslimah sesuai yang disyariatkan Islam. Walau terdapat perbedaan dan persamaan antara kedua penulis namun hakekatnya sama bahwa kedua mengajak semua lapisan masyarakat, khususnya kaum hawa untuk menerapkan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Apabila pemakaian busana muslimah dilaksanakan secara sungguh-sungguh dengan cara dan niat yang sesuai dengan ajaran Islam, maka berbusana muslimah itu akan mempunyai nilai ibadah dan akan dapat mempengaruhi munculnya kesadaran dan ketakwaan seseorang kepada Allah yang tergambar dalam perilaku sehari-hari. Konsep berbusana muslimah dari kedua buku tersebut adalah menutup dan melindungi tubuh selain yang dikecualikan, kainnya tebal, kainnya longgar, tidak sempit dan tidak jatuh (tidak membentuk tubuh), tidak diberi wangi haruman, tidak menyerupai pakaian laki-laki, tidak menyerupai pakaian orang-orang kafir, tidak merupakan libasusy syuhrah (pakaian popularitas)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:56
Last Modified: 15 Feb 2016 02:56
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item