Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS ) Pada Siswa Kelas Iv Mi Al-Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018

Hidayah, Nur (2017) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS ) Pada Siswa Kelas Iv Mi Al-Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NUR HIDAYAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak : Hidayah, Nur. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada Siswa Kelas IV MI Al-Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) agar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada siswa kelas IV MI Al-Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran TPS.Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Al Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian dilakukan pada semester awal Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas pada pra siklus sebanyak 5siswa(33,3%), pada siklus Imeningkatsebanyak 8 siswa(53,3%), dan pada siklus II sebanyak 15 siswa (100%). Jika dilihat peningkatannyas ebesar 27,64% setelah dilakukan refleksi siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 46,7%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada kelas IV MI Al-Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:50
Last Modified: 31 Oct 2017 03:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item