Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017.

Praheustitama, Nastiti Zulfa (2017) Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JADI FIX,OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nastiti Zulfa Praheustitama. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Prestasi belajar, Metode Jigsaw. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada bab Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah, hal ini dikarenakan guru banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah pada siswa kelas VIII SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2016/2017?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak dengan subyek pelitian ini adalah sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan hasil sebagai berikut: siklus I prosentase prestasi belajar terdapat 13 peserta didik atau 32 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 27 peserta didik atau 68 % siswa yang tidak tuntas. Siklus II prosentase prestasi belajar terdapat 34 peserta didik atau 85 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 6 peserta didik atau 15 % siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:17
Last Modified: 01 Nov 2017 02:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item