: PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAMATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI AL-MA’ARIF GONDANGLEGI KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Asmaroh, Al Asmaroh (2017) : PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAMATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI AL-MA’ARIF GONDANGLEGI KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi al asmaroh.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak :Asmaroh, Al. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya dengan Menggunakan Model Guided Discovery Learning pada Siswa Kelas Iv Mi Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning. Model guided discovery learning sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya. Siswa akan terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran karena mereka akan menemukan sendiri apa yang mereka pelajari dengan bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam penerapan model guided discovery learning pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya pada siswa kelas IV MI Al-Ma’arif Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah semua siswa kelas IV MI Al-Ma’arif Gondanglegi Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 15 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran IPA tentang materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya diperoleh bahwa dengan menggunakan model guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Ma’arif Gondanglegi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas pada pra siklus adalah sebanyak 5 siswa (33,33%) dengan nilai rata-rata kelas 54,67. Pada siklus I meningkat menjadi 7 siswa (46,67%) dengan nilai rata-rata kelas 62,07. Pada siklus II meningkat menjadi 13 siswa (86,67%) dengan nilai rata-rata 84,07.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:25
Last Modified: 01 Nov 2017 02:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item View Item