KONSEP IKHLAS DALAM KITAB MINHAJUL ABIDIN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN IBADAH

Yuniati, Shinta (2017) KONSEP IKHLAS DALAM KITAB MINHAJUL ABIDIN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN IBADAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SHINTA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Abstrak : Yuniati, Shinta. 2017. Konsep Ikhlas dalam Kitab Minhajul Abidin dan Relevansinya dengan Pendidikan Ibadah. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Ulfah Susilawati. M.SI Kata Kunci: Konsep Ikhlas dalam Kitab Minhajul Abidin, Imam al-Ghazali, dan Pendidikan Ibadah Ikhlas adalah membersihkan amalan dari sesuatu yang mengeruhkan amal Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini yaitu (1) Bagaimana konsep ikhlas menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Minhajul Abidin? (2) Bagaimana relevansi konsep ikhlas dalam kitab Minhajul Abidin karya Imam al-Ghazali dengan pendidikan ibadah? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep ikhlas dalam kitab Minhajul Abidin karya Imam al-Ghazali. 2) Mengetahui relevansi konsep ikhlas dalam kitab Minhajul Abidin dengan pendidikan ibadah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) karena data yang diperoleh maupun dikumpulkan dari penelitian kepustakaan yaitu dari hasil pembacaan atau kesimpulan dari kitab terjemahan, dengan sumber kitab Minhajul Abidin, pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu mencari data-data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan-catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, notulen rapat, agenda, yang membahas tentang ikhlas dalam pendidikan Ibadah. Metode yang digunakan antara lain deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep ikhlas dalam kitab Minhajul Abidin sangat berkaitan erat dengan pendidikan Ibadah. 1) Konsep ikhlas dalam kitab Minhajul abidin dibagi menjadi tiga yaitu ikhlas dalam hubungan kepada Allah dan ikhlas dalam hubungan sesama makhluk. Ikhlas dalam hubungan kepada Allah yaitu dengan ikhlas taat kepada Allah dan Hanya menyembah Allah SWT. sedangkan ikhlas dalam hubungan sesama makhluk yaitu membersihkan batin dari sifat buruk dan tidak menyembah hawa nafsu. Kemudian ikhlas yang ketiga yaitu hubungan dengan diri sendiri. Dibagi menjadi dua bagian ikhlas dalam menuntut ilmu untuk menyempurnakan ibadah dan akhlak serta ikhlas dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. 2) Relevansi konsep ikhlas dalam kitab Minhajul Abidin dengan pendidikan ibadah yaitu menjadikan ikhlas perilaku yang sempurna dalam ibadah, maka mempelajari dan menekuni ilmu tentang ibadah beserta isi dari bentuk ibadah itu sendiri terlebih dahulu dimatangkan. Agar tercapainya tujuan ibadah yaitu mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat dengan jalan keikhlasan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:54
Last Modified: 01 Nov 2017 02:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item