SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA TUNANETRA DI SMPLB WANTUWIRAWAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Masitoh, Siti (2015) SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA TUNANETRA DI SMPLB WANTUWIRAWAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Masitoh_11111197.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Siswa Tunanetra merupakan anak yang mengalami hambatan pada indera penglihatanya, walaupun telah diberi alat-alat bantu khusus mereka masih memerlukan pendidikan khusus. Kunci keberhasilan proses pembelajaran tersebut ditentukan oleh beberapa komponen, diantaranya guru, metode yang digunakan,dan kurikulum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di SMPLB Wantuwirawan tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini diharapakan dapat dipergunakan untuk memberikan informasi dan masukan kepada semua pihak terutama guru dan lembaga pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, Sedangkan analisis data dilakukan dengan klasifikasi data, penyaringan data dan Penyimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pembalajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di SMPLB Wantuwirawan berpedoman pada kurikulum KTSP dengan modifikasi guru. Pembelajaran PAI di SMPLB Wantuwirawan pada siswa penyandang tunanetra adalah (1) Materi yang disampaikan ditekankan pada materi yang bersifat dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, metode tanya jawab dan metode praktek. (2) upaya guru PAI memberikan materi yang sesuai dengan kemampuan siswa. (3) hasil pembelajaran PAI menunjukan bahwa siswa tunanetra sudah menjalan ritual keagamaan dalam keseharian dan berperilaku seperti tuntunan agama. Yaitu melakukan wudhu dan shalat wajib. Kendala yang dialami guru PAI diantaranya target materi tidak selesai, kurangnya jumlah guru PAI, kurang disiplinya siswa, dan tata ruang kelas yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 03:00
Last Modified: 15 Feb 2016 03:00
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item