Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Negeri Karanganyar. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2017.

Sumarno, Wisnu Fachrudin (2017) Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Negeri Karanganyar. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
full fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sumarno, Wisnu Fachrudin. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Negeri Karanganyar. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2017. Pembimbing: Drs. Bahroni, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik Pendidikan merupakan aspek penting sebagai investasi sumberdaya manusia. Selain untuk menyokong kemajuan bangsa pendidikan juga berguna untuk kemajuan umat. Dalam kurikulum 2013 digunakan implementasi pendekatan saintifik yang mana itu akan mengasah keterampilan siswa dalam memahami materi karena materi bukan hanya didapat dari guru saja tetapi dicari sendiri oleh siswa bisa dari mana saja. Selain itu siswa juga diajarkan pentingnya pembelajaran elaborasi dan kerjasama. Implementasi pendekatan saintifik ini seperti yang dilaksanakan dalam pembelajaran di MA Negeri Karanganyar yang salah satunya adalah mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Karena Sejarah Kebudayaan Islam merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa kemasa dalam hal beribadah, bermuamalah dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupan atau menyebarkan ajaran Islam yang dilandasi oleh akidah. Dalam hal ini penelitian memberikan batasan masalah hanya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini bertujuan untuk memperjelas permasalahan yang diteliti agar penelitian lebih fokus. Penelitian ini difokuskan pada implementasi pembelajaran saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dan mendeskripsikan kendala implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) pada Madrasah Aliyah Negeri Karanganyar. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dipahami oleh subjek penelitian secara holistik dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kendala dalam menerapkan implementasi pendekatan saintifik terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah minimnya tingkat pemahaman siswa, rendahnya motivasi dan minat belajar, serta tekanan waktu bagi guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:31
Last Modified: 02 Nov 2017 01:31
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item