HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN MENAATI TATA TERTIB DENGAN KEMATANGAN KEPRIBADIAN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2014/2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA

Wachid, Mokhamad Agus (2015) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN MENAATI TATA TERTIB DENGAN KEMATANGAN KEPRIBADIAN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2014/2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Mokhamad Agus Wachid _11110092.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan akan kurangnya kedisiplinan menaati tata tertib dengan kematangan kepribadian mahasiswa STAIN Salatiga yang ditunjukkan oleh gejala-gejala ketidakdisiplinan mereka dalam menaati tata tertib. Kedisiplinan menaati tata tertib adalah suatu sikap patuh terhadap serangkaian peraturan yang disusun secara teratur dalam sebuah lembaga dan dilakukan secara sadar serta bertanggung jawab. Kematangan kepribadian adalah seseorang yang memiliki sistem psikofisik yang baik, dinamis dalam mengembangkan wawasan mengenai dirinya sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar serta memiliki wawasan yang luas, memperluas diri ke orang lain dan ke dalam aktivitas. Rumusan masalah yang diajukan dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah tingkat kedisiplinan mahasiswa angkatan 2014/2015 dalam menaati tata tertib di kampus (STAIN) Salatiga (2) Bagaimanakah tingkat kematangan kepribadian mahasiswa angkatan 2014/2015 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga (3) Adakah hubungan antara kedisiplinan menaati tata tertib dengan kematangan kepribadian pada mahasiswa angkatan 2014/2015 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga? Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Subjek penelitian yang dilibatkan sebanyak 120 orang, populasi dalam studi ini adalah mahasiswa angkatan 2014/2015 (STAIN) Salatiga. Sampel ditetapkan dengan Teknik Cluster Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana pemilihan mengacu pada kelompok bukan pada individu. Analisis data dilakukan dengan bantuan program piranti lunak dengan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil hitung koefisien korelasi antara variabel X (Kedisiplinan Menaati Tata Tertib) dan variabel Y (Kematangan Kepribadian) adalah 0,493. Hasil yang diperoleh adalah r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,493 > 0,256 pada taraf signifikansi 1%, maka hasil yang diperoleh adalah signifikan. Artinya, hipotesis yang diajukan oleh penulis dapat diterima, yaitu “Ada Hubungan Positif antara Kedisiplinan Menaati Tata Tertib dengan Kematangan Kepribadian”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 03:03
Last Modified: 15 Feb 2016 03:03
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item