Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Perspektif Islam di SMP Negeri 2 Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017.

Nasikah, Durotun (2017) Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Perspektif Islam di SMP Negeri 2 Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DUROTUN NASIKAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nasikah, Durotun. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Perspektif Islam di SMP Negeri 2 Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Drs. Ahmad Sultoni, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konsep pendidikan karakter yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Banyubiru, (2) imlementasi pendidikan karakter siswa di SMP Negeri 2 Banyubiru, (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter siswa di SMP Negeri 2 Banyubiru. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, kabid kurikulum, kabid kesiswaan, guru PAI, guru PKn, guru BK, wali kelas, pengampu ekstrakurikuler, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep pendidikan karakter yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Banyubiru adalah berkonsep kepada nilai dan ajaran agama Islam, unggah-ungguh dan budaya Jawa, visi dan misi sekolah, serta tata tertib sekolah; (2) implementasi pendidikan karakter siswa di SMP Negeri 2 Banyubiru dilaksanakan oleh siswa dan semua warga sekolah termasuk kepala sekolah dan guru dengan cara mengimplementasikan pendidikan karakter ke dalam kegiatan belajar mengajar dan implementasi pendidikan karakter dalam pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar (pembiasaan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan keseharian di rumah dan masyarakat, dan sistem reward and punishment) serta implementasi pendidikan karakter berbasis fikiran; (3) fakor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Banyubiru terbagi menjadi dua, yaitu faktor intern (keadaan siswa itu sendiri) dan faktor ekstern (visi dan misi sekolah, kekuatan dari guru dan dukungan seluruh stakeholders, kegiatan yang sudah terprogram dan budaya sekolah, prinsip kebersamaan antar warga sekolah, jumlah siswa yang tidak terlalu banyak sehingga mudah untuk mengontrol, sarana dan prasarana serta fasilitas yang baik, dan lingkungan yang kondusif).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:55
Last Modified: 02 Nov 2017 01:55
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item