Peningkatan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Demostrasi dan Drill pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I MI Trimaja Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/ 2016

Zubaidah, Siti (2017) Peningkatan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Demostrasi dan Drill pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas I MI Trimaja Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak : Zubaidah, Siti. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Menggunakan Metode Demostrasi dan Drill Pada materi Penjumlalah dan Penguranan pada Siswa Kelas Satu MI Trimaja Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang tahun Pelajaran 2015/ 2016. Sekripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Bapak Pembimbing Dr.Winarno, S.Si, M.Pd. Kata Kunci : Prestasi Belajar dan Metode Demonstrasi dan Drill Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas I di MI Trimaja Danurejo, Mertoyudan, Magelang. dalam pembelajaran matematika yang masih rendah terutama pada pokok bahasan penjumlahan dan penggurangan. hal ini disebabkan karena ketidak sukaan siswa pada pelajaran matematika yang selalu menuntut untuk berfikir dan berhitung. selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu MI Trimaja Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Tahun ajaran 2015/ 2016. Metode yang digunakan: Demonstrasi dan Drill Penelitian dilakukan sebanyak tiga kalitindakan penelitian terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan dilaksanakan di pertengahan semester ganjil bulan pertengahan Agustus sampai dengan September tahun ajaran 2015/ 2016 teknik pengumpulan data antara lain adalah dengan lembar obsevasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil Penelitian siklus I terkait dengan peningkatan sikap berani mengajukan pertanyaan dan sikap tanggung jawab; siklus II berkaitan dengan peningkatan sikap berani mengemukakan pendapat dan berdikir bebas; siklus II terkait dengan peningkatan cara menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan metode demostrasi dan drill menunjukan peningkatan walaupun hasilnya belum maksimal.keberhasilan ini didukung oleh adanya kesipan guru dalam dalam merancang rencana proses pembelajaran yang dilaksankan sesui rencana.tetapi masih ada factor yang meghambat yaitu belum semua siswa mencapi nilai KKM karena kurang bekerjasama dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu hendaknya guru sering menjak siswa berinteraksi agar mampu mengungkapkan pendapatnya. Sekripsi ini bermanfaat bagi kepala MI Trimaja, sebagai pertimbangan dalam pembelajaran dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Bagi guru MI Trimaja Danurejo, sebagai bahan pertimbangan untuk upaya meningkatkan belajar siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran dikelas. Bagi siswa MI Trimaja Danurejo, sebagai bahan kajian dan motivasi untuk meningkatkan prestasi. begi pembaca, sebagai bahan masukan, referenciyang cukup berarti bagi penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:09
Last Modified: 02 Nov 2017 04:09
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item