PERAN FORUM KEMITRAAN POLISI MASYARAKAT (FKPM) SEBAGAI MEDIATOR DALAM PENYELESAIAN PERKARA-PERKARA HUKUM DI MASYARAKAT (Studi Kasus di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga)

Hasanah, Uswatun (2015) PERAN FORUM KEMITRAAN POLISI MASYARAKAT (FKPM) SEBAGAI MEDIATOR DALAM PENYELESAIAN PERKARA-PERKARA HUKUM DI MASYARAKAT (Studi Kasus di Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Uswatun Hasanah_21209006.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Ditahun 2012 berbagai media masa memberitakan kasus pencurian sandal, pencurian semangka, kasus prita, kasus randu dan lain-laian, yang diproses hingga pengadilan,sehingga memunculkan tanggapan miring masyarakat atas peradilan di Indonesia yang kurang memenuhi keadilan masyarakat. Hukum seakan hanya tajam kalau yang berperkara masyarakat kecil. Yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran FKPM sebagai mediator dalam penyelesaian perkara-perkara hukum di msyarakat, bagaimana peran FKPM dalam program Kepolisian dan apa kendala yang dihadapi dan bagai mana cara mengatasinya. Untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah diatas dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dimana dalam proses penelitian yang digunakan berdasarkan teori yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Alasan pemilihan pendekatan kualitatif karena berkaitan dengan konsep judul dan rumusan masalah yang mengarah pada jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan penyelesaian perkara-perkara hukum melalui FKPM mengedepankan cara kekeluargaan, damai, manusiawi dan bermartabat sehingga sangat efektif karena, prosesnya cepat, tidak di pungut biaya dan mampu memperbaiki hubungan silaturrahmi masing-masing pihak. Dalam hal ini FKPM sebagai pihak ke tiga (mediator) yang membantu proses penyelesain perkara, memberikan pertimbangan-pertimgan yang mungkin sebagai penyelesaian perkara kepada para pihak. Berbagai kegiatan FKPM tidak terlepas dari kontrol kepolisian karena terdapat seorang petugas Polmas atau Bhabinkamtibmas sebagai wakil dari Ketua FKPM yang selalu bertukar informasi mengenai katimbas di daerahnya. Dalam menjalankan berbagai kegiatanya FKPM mengahadapi berbagai kendala operasional, namun semuaitu dapat diatasi dengan selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti konsoltasi ke Polres, mengadakan seminar katimbas, menghadiri berbagai pertemuan yang diadakan masyarakat Pulutan untuk memberikan penyeluhan tetang pentingnya katimbas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 04:06
Last Modified: 15 Feb 2016 04:06
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item