PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI PENGAJIAN TAFSIR JALALAIN DAN SHALAT JAMAAH TERHADAP SIKAP SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG

Hakim, Rohman (2015) PENGARUH INTENSITAS MENGIKUTI PENGAJIAN TAFSIR JALALAIN DAN SHALAT JAMAAH TERHADAP SIKAP SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Rahman Hakim_11110177.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Bagaimana variasi intensitas mengikuti pengajian tafsir jalalain terhadap sikap sosial santri dipondok pesantren Edi Mancoro Gedangan, Kec. Tuntang, Kab. Semarang 2015, 2) Bagaimana variasi intensitas shalat berjama‟ah terhadap sikap sosial santri dipondok pesantren Edi Mancoro Gedangan, Kec. Tuntang, Kab. Semarang 2015, 3) Bagaimana variasi pengaruh secara bersama-sama antara intensitas mengikuti pengajian tafsir jalalain dan shalat berjama‟ah terhadap sikap sosial santri dipondok pesantren Edi Mancoro Gedangan, Kec. Tuntang, Kab. Semarang 2015. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian regresi linier sederhana dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 105 santri, sedangkan sampel yang diambil 30 santri yang diambil menggunakan random sampling dimana semua populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Data yang dibutuhkan digali melalui angket yang dikembangkan dan disusun oleh peneliti. Sebelum angket terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 responden untuk diuji validitas dan realibilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik regresi. Hasil dari penelitian adalah 1) Terdapat kontribusi positif dan siknifikan intensitas mengikuti pengajian tafsir jalalain terhadap sikap sosial santri, hal ini ditunjukan dengan perolehan hasil uji t dengan nilai probabilitas sebesar 7,921 > 0,361, 2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan shalat berjama‟ah terhadap sikap sosial santri, hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung dengan nilai probabilitas sebesar 0,924 > 0,361, 3) Intensitas mengikuti pengajian tafsir dan shalat berjama‟ah simultan memiliki kontribusi signifikan dan negatif terhadap sikap sosial santri. Hal ini diperoleh dari hasil uji Anova atau F test, didapat nilai Fhitung adalah 42, 016 dengan tingkat signifikan 0,000. Nilai probabilitas -0,098 < 0,361.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 09:35
Last Modified: 15 Feb 2016 09:35
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item