PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN BERDZIKIR DAN MENJAGA WUDHU TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI SANTRI DI PONDOK PESANTRENTARBIYATUL ISLAM (PPTI) AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2015

Chusna, Nur Cholisatul (2015) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN BERDZIKIR DAN MENJAGA WUDHU TERHADAP PENGENDALIAN EMOSI SANTRI DI PONDOK PESANTRENTARBIYATUL ISLAM (PPTI) AL-FALAH SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nur Cholisatul Chusna_11111006.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rutinitas membaca Al-Qur‟an, berdzikir dan menjaga wudhu terhadap pengendalian emosi santri di Pondok Pesantren Islam Al-Falah Salatiga. Pertanyaaan ini adalah : pertama adakah pengaruh intensitas membaca Al-Qur‟an terhadap pengendalian emosi santri ?. Kedua adakah pengaruh intensitas berdzikir terhadap pengendalian emosi santri ?. Ketiga adakah pengaruh intensitas menjaga wudhu terhadap pengendalian emosi santri ?. Keempat bagaimana pengaruh intensitas membaca Al-Qur‟an, berdzikir, dan menjaga wudhu terhadap pengendalian emosi santri ?. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, interview, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah 80 santri yang belajar di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah. Teknik sampling yang digunakan adalah santri. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yaitu angket. Analisis yang digunakan adalah regresi ganda dua prediktor dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Scienes). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil uji ANOVA atau F test, didapat sebesar 9,10 dengan tingkat probabilitas 4,40. Nilai F hitung lebih besar dari 2 maka dapat dikatakan hasil perhitungan regresi tersebut signifikan. Maka model regresi tersebut dapat memprediksi pengendalian emosi atau dapat dikatakan bahwa membaca Al-Qur‟an, berdzikir, dan menjaga wudhu berpengaruh terhadap pengendalian emosi santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2016 04:10
Last Modified: 16 Feb 2016 04:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item