PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA KLAS XI IPS DI SMS NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Pradana, Inggi Putri (2017) PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA KLAS XI IPS DI SMS NEGERI 1 BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh guru PAI terhadap kecerdasan spiritual siswa. Pertanyaan yang ingin di jawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual pada siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Bringin? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam membina kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Bringin?. Dengan demikian, tujuan yang hendak di capai dalam penenlitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Bringin, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Bringin. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dan penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara display data, reduksi data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru PAI sebagai motivator dan fasilitator sangat berpengaruh dalam membina kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS, sehingga anak-anak secara bertahap berubah menjadi lebih baik dan memiliki kesadaran diri untuk melaksanakan kewajibannya. (2) Faktor penghambat dan pendukung dalam membina kecerdasan spiritual siswa kelas XI IPS beraneka ragam. Faktor pendukung berasal dari sesama guru dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana prasarana yang mendukung, kurangnya dorongan/motivasi dari orang tua tentang keagamaan, kurangnya kesadaran diri, dan kurangnya kemampuan siswa dalam membagi waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:27
Last Modified: 16 Jan 2018 01:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item