IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM EMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB-C YPPALB MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Kholipah, Siti (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM EMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB-C YPPALB MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Kholipah_11111032.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran yang digunakan sebagai pedoman terbaru pelaksanaan pendidikan di Indonesia yang dimulai tahun 2013. Kurikulum 2013 diimplementasikan dalam pembelajaran seluruh mata pelajaran termasuk Pendidikan Agama Islam di seluruh sekolah yang menerapkan kurikulum tersebut baik sekolah umum maupun sekolah luar biasa. Penerapan kurikulum 2013 di sekolah luar biasa ini merupakan bukti tidak adanya diskriminasi bagi anak berkebutuhan khusus dalam memperoleh hak pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB-C YPPALB Magelang 2) Apa saja faktor pendukung implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB-C YPPALB Magelang 3) Apa saja faktor penghambat implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB-C YPPALB Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan berdasarkan catatan lapangan, observasi dan dokumentasi kemudian data disusun menjadi data yang lengkap. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI bagi ABK di SLB-C YPPALB Magelang tidak seluruhnya sesuai standar dalam kurikulum 2013. Standar kompetensi lulusan yang diutamakan adalah sikap dan keterampilan. Sedangkan penguasaan materi (pengetahuan) tidak ditekankan karena keterbatasan kemampuan peserta didik. Standar isi, materi PAI disederhanakan, alokasi waktu 3x40 menit satu kali pertemuan dalam seminggu, penggunaan TIK sebagai media pembelajaran PAI. Standar proses, proses pembelajaran diutamakan langsung praktik misal shalat berjamaah, membaca al-Qur‟an dan hafalan, sumber pembelajarannya buku dan internet, serta pembelajaran PAI tidak hanya di kelas. Penilaian dilakukan dengan ulangan, mid semester, UAS, dan penilaian proses pembelajaran. Faktor pendukungnya adalah guru yang telaten dan sabar, sosialisasi kurikulum 2013 dari pemerintah, lingkungan yang kondusif, dan keterlibatan aktif orang tua. Sedang faktor penghambatnya adalah peserta didik sulit diberikan materi pelajaran, sarana dan prasarana belum mencukupi, guru yang belum siap dengan implementasi kurikulum 2013, dan buku-buku penunjang yang belum komplit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2016 04:49
Last Modified: 16 Feb 2016 04:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item