PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Aldian, Fina Lutfiana (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Fina Lutfiana Aldian.pdf

Download (7MB)

Abstract

Lutfiana Aldian, Fina, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Kelas VII SMP N 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, CTL Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlangsung di SMP N 3 Salatiga cenderung hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa jarang berperan aktif saat pembelajaran berlangsung, siswa lebih memilih untuk mengobrol dengan teman sebangkunya, pembelajaran dikelas lebih menekan pada materi semata tanpa menghubungkan materi dengan kehidupan nyata siswa, sehingga nilai-nilai yang didapatkan siswa dalam pembelajaran PAI kurang memuaskan, hal ini terbukti dengan masih adanya siswa yang nilai rata-ratanya 68. Salah satu solusi yang alternative dari permasalahan di atas perlu diterapkan pembelajaran yang dapat mengaitkan antara materi pembelajaran dengan dunia nyata, maka siswa dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Pembelajaran contextual merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan potensi anak secara menyeluruh dan dapat membangun keterkaitan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan CTL dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Tekhnik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Salatiga sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi Hidup tenang dengan kejujuran, amanah, dan istiqamah dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil setiap siklusnya yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dimana pada pra siklus ada 8 siswa (28,57%) yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata 64,68, siklus I ada 16 siswa (57,14%) yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata 69,25, dan siklus II ada 25 siswa (89,28%) yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata 78,07, yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar dari prasiklus ke siklus I (69,25-64,68) = 4,57, dan dari siklus I ke siklus II (78,08-69,25) = 8,82. Pencapaian KKM kelas pada siklus II 89,28% lebih besar dari 85%, dari hal tersebut maka PTK ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:04
Last Modified: 16 Jan 2018 04:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item