IMPLIKASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWA KELAS IX A SEMESTER GANJIL MTS TARQIYATUL HIMMAH KAUMAN LOR, KECAMATAN PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Safitri, Wahyu Anggun (2018) IMPLIKASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MENINGKATKAN SIKAP BIRRUL WALIDAIN SISWA KELAS IX A SEMESTER GANJIL MTS TARQIYATUL HIMMAH KAUMAN LOR, KECAMATAN PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JUDUL DAN ABSTRAK.pdf

Download (160kB)

Abstract

Safitri, Wahyu Anggun. 2017. Implikasi Pendidikan Akhlak Dalam Meningkatkan Sikap Birrul Walidain Siswa Kelas IX A MTs Tarqiyatul Himmah Kauman Lor, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Implikasi Pendidikan Akhlak, Sikap Birrul Walidain Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendidikan akhlak dalam meningkatkan sikap birrul walidain siswa kelas IX A Semester Ganjil MTs Tarqiyatul Himmah. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1). Mengapa implikasi pendidikan akhlak dalam meningkatkan sikap birrul walidain penting bagi siswa kelas IX A Semester Ganjil MTs Tarqiyatul Himmah Kauman Lor, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018? (2). Bagaimana sikap birrul walidain siswa kelas IX A Semester Ganjil MTs Tarqiyatul Himmah Kauman Lor, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di MTs Tarqiyatul Himmah Kauman Lor dengan subjek orang tua siswa kelas IX A. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data dapat di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data. Setelah melakukan penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa Sistem pendidikan akhlak yang diterapkan di MTs Tarqiyatul Himmah yaitu dengan cara memberi tauladan yang baik kepada sehingga dapat mencetak orang-orang yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah serta berilmu. Kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan persentasi sikap birrul walidain siswa sebanyak 29 siswa yaitu terdapat 3 siswa yang mendapat kriteria “sangat baik” dengan persentasi 10%, terdapat 20 siswa yang mendapat kriteria “baik” dengan persentasi 69%, terdapat 6 siswa yang mendapat kriteria “cukup” dan persentasi 0% untuk kriteria “kurang”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:26
Last Modified: 16 Jan 2018 04:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item