Implementasi Nilai Nilai Total Quality Management (TQM) Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Susukan Kabupaten Semarang tahun 2017.

Yuliani, Noor Farida (2018) Implementasi Nilai Nilai Total Quality Management (TQM) Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Susukan Kabupaten Semarang tahun 2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ARTIKEL PUBLIKASI 12010150045 Farida.pdf

Download (479kB)

Abstract

Tujuan penelitian:(1)Untuk mengetahui implementasi TQMpada pengelolaan pembelajaran Fikih; (2) Untuk mengetahui kendala penerapan TQM pada pembelajaran Fikih dan cara mengatasinya; (3)Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan TQM dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Susukan. Penelitianinitermasukjenispenelitiankualitatif yang berdasarkanstudilapangan (field research) denganpendekatanfenomenologis.Metodepengumpulan data yaituobservasipartisipasi, dokmentasidanwawancarabebas. Tehnikanalisisdalampenelitianinimenggunakanpendekataninduksianalitik. HasiltemuanpenelitianmenunjukkankelebihandankekurangandalammengimplementasikanNilai-nilai Total Quality Management (TQM).1) Fokuspelanggansiswasebagaipelanganutamamemperolehperhatiandaripengelolapendidikan,2)Obsesikualitaskualitasdalampendidikaneratkaitannyadengan proses pengelolaansiswa, guru, kurikulum, saranaprasaranadansistemevaluasi ,3) Pendekatanilmiah, guru menggunakanpendekatanilmiahscientific approach dandiscovery learningsesuaidengankurikulum yang sedangberlangsung4)Komitmenjangkapanjang,Kurikulum 13, siswabelajartentangpengetahuan, Spiritual ,sikapdanKetrampilanmenjadisatukesatuan yang melekatpadakehidupansehari-haridanmembentukkarakter yang salingterkaitdapatdiimplikasikansepanjang hidupnya.5) Team workkerjasama team dankemitraandijalindandibinasebagaiupayapeningkatankualitasdanmelakukantugasnyalebihbaik6) PerbaikanterusmenerusMTsNSusukantelahmelakukan proses perbaikan berkesinambungan.7) Pendidikandanpelatihan; peningkatankualitaspelaksanaanpendidikan di MTsNSusukandilakukandengancaramengikutkangurunyadalampendidikankejenjangberikutnyamengikutidanmengadakanpelatihan,8)Kebebasan yang terkendali;Guru Fikih dalam merencanakan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar diberi kebebasan untuk merancangdanmendesainpembelajarannya 9) Kesatuan tujuan;Seluruh komponen yang ada di MTsN Susukan memiliki kesatuan tujuan untuk selalu meningkatkan management meliputi pelayanan, management administrasi dan managemen pembelajaran 10)pemberdayaankaryawan;Partisipasiseluruhkomponen yang terkaitakantumbuh rasa memiliki, rasa untukbertanggungjawabsertaberkembangnyalembagapendidikan di MTsNSusukan. Keberhasilan implementasi nilai-nilai Total Quality Management (TQM) pada pembelajaran Fikih di MTsN Susukan pada tahun 2017 sudah sesuai dengan kesepuluh karakteristik manajemen mutu terpadu atau TQM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 06:38
Last Modified: 16 Jan 2018 06:38
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item