PSIKOLOGI ANAK Mengenal Autis hingga Hiperaktif

sriyanti, Lilik (2014) PSIKOLOGI ANAK Mengenal Autis hingga Hiperaktif. STAIN Salatiga Press, Salatiga. ISBN 978-9794549-31-6

[img] Text
cover_psikologi anak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Psikologi Anak pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Doktor Spranger menulis buku, “Psycologie des Jugendalters” (Psikologi dari masa muda). Sedang sarjana-sarjana Belanda dalam ilmu pendidikan yang banyak menulis buku antara lain: Gunning, Kohnstamm, Bigot, Palland, Sis Heyster, J.Bijl, Roels dan Lievegoed, sarjana lainnya adalah :Meumann, Koffka dan Kroh (Jerman), Dr. Schuyten, Tobie Jonkheere, Decroly, (Belgia), Sikorski, dan Pavlov (Rusia). Tokoh lain dari Belanda adalah V. Wagenburg, Van Ginneken, Frater Rombouts, Casimir, Waterink, Langeveld. Disamping tokoh-tokoh tersebut di atas, ada pula beberapa tokoh-tokoh pendidik pada abad-abad sebelumnya, yang banyak berjasa dalam pemikiran tentang hakekat anak dan perkembangan anak-anak. Tokoh-tokoh tersebut antara lain ialah : Johan AmosComenius (1592-1671). Ia dipandang sebagai seorang ahli pendidik pertama yang mengemukakan sifat-sifat khas anak, yang berbeda dengan ciri dan sifat-sifat orang dewasa. Kemudian Jean Jacquis Rosseau (1712-1778), yang mencoba melukiskan perkembangan anak dalam bukunya” Emile et Shopy” (yang menuntut anak berkembang dan tumbuh dalam kebebasan). Juga Heinrich Pestalozzi (1746-1852) menaruh minat yang sangat besar pada masalah kehidupan anak. Kemudian Dr. Maria Montessori (1870-1952) dari Italia, sangat berminat pada masalah kejiwaan anak. Dan mencoba mengembangkan satu metodik mengajar yang berprinsip pada “auto-education”.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2018 00:46
Last Modified: 21 Jan 2018 00:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item