KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Hidayah, Nur (2015) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nur Hidayah_11111217.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu penanaman nilai-nilai yang baik kepada peserta didik agar menjadi manusia yang seutuhnya (yaitu menjadi insan kamil). Pendidikan karakter dianggap memiliki otoritas untuk memperbaiki moral bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan. Pendidikan karakter menggugah dunia pendidikan untuk membentuk dan memperbaiki moral-moral anak bangsa yang semakin merosot.Nilai-nilaitersebut diantaranya adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Sedangkan pendidikan Islam adalah pembentukan karakter peserta didik untuk menjadikannya manusia yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : konseppendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam dan implikasinya. Skripsi ini menggunakan metode Library Research, yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan yang objek penelitiannya dicari lewat beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal ilmiah, koran, majalah, dokumen) dan lain sebagainya.Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dalam penelitian ini adalah literatur (kepustakaan), sehingga penelitian ini menggunakan kajian dengan cara mempelajari, mendalami, mengutip teori-teori dan konsep-konsep dari sejumlah data pada buku-buku yang berkaitan dengan pendidkan karakter dan pendidikan Islam. Setelah buku-buku terkumpul kemudian peneliti menelaah secara sistematis buku-buku yang berhubungan dengan yang akan diteliti, dari situ peneliti dapat bahan atau informasi untuk pembuatan skripsi Konsep pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam adalah Pendidikan karakter berdasarkan dalil Al-Qur’an dan Sunnah memiliki kesamaan dengan yang diajarkan Pendidian Islam dalam hal tujuan maupun metode-metode yang digunakan. Tujuan adalah membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang berakhlak mulia, sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajarannya adalah metode dialog, metode cerita, metode perumpamaan, metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan dan metode janji dan ancaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:14
Last Modified: 16 Feb 2016 06:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item