PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF EKSTERNAL DAN INTERNAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Fatchurrohman, Fatchurrohman (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF EKSTERNAL DAN INTERNAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Project Report. STAIN Salatiga, Salatiga. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text
Lap Pnlitian-Fatchur-2014-lengkap.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan jaringan tema pembelajaran tematik integratif eksternal di Madrasah Ibtidaiyah; 2) menemukan jaringan tema pembelajaran tematik integratif internal di Madrasah Ibtidaiyah; 3) merumuskan model RPP tematik integratif internal dan eksternal di Madrasah Ibtidaiyah; 4) mengetahui efektivitas pembelajaran tematik integratif internal dan eksternal di Madrasah Ibtidaiyah. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Research and Development (R&D), yaitu jenis riset yang dilakukan dengan mengembangkan model yang sudah ada untuk menghasil model baru yang dianggap lebih efektif Tahapan kerja dalam R&D ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Dick & Lau Cerey. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1 ) penyebaran KD pada sub-sub mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah tidak dapat masuk pada setiap tema pembelajaran yang disusun oleh Kementerian Pendidikan Nasional karena squance bahasan pada mata pelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah berbeda dengan squance yang ada pada mata pelajaran yang tercakup dalam tema-tema pembelajaran mata pelajaran lainnya; 2) penyusunan jaringan tema integratif internal masih sulit dilakukan karena masing-masing sub mapel PAI memiliki hirarchis pembahasan keilmuan yang berbeda dengan sub mapel PAI lainnya, sehingga kalau dipaksakan justru tidak nyambung; 3) dalam penyusunan RPP temaik integratif eksternal ini yang perlu diperhatikan adalah pada bagian metode dan penilaian, di mana metode pembelajaran PAI menuntut metode pembelajaran yang menekankan pada pembentukan akhlaq al karimah, sedangkan evaluai pembelajarannya lebih ditekankan pada penilaian aspek afektif bukan sekedar kognitif; 4) uji coba terbatas, di kelas IV MI Mangunsari Kota Salatiga menunjukkan bahwa guru kelas merasa nyaman dan cocok mengajar dengan model tersebut karena tidak harus melakukan pergantian jam pelajaran dari tema biasa ke pembelajaran PAI. Peserta didik juga senang mengikuti pembelajaran tersebut, sedangkan dilihat dari hasil evaluasinya menunjukkan hasil yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2018 10:51
Last Modified: 29 Jan 2018 10:51
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/2240

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item