PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA ICT DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 1 BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN 2015

Wasa'adah, Siti (2015) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA ICT DALAM PEMBELAJARAN PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 1 BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Wasa'adah_11111072.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang intensitas penggunaan media ICT terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 1 Banyubiru Kab. Semarang. Dengan adanya media teknologi sekarang ini sangat membantu siswa lebih giat dalam belajar dan siswa dapat memperoleh pengetahuan yang luas. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media ICT terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 1 Banyubiru tahun 2015. Pertanyaan pertama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana intensitas penggunaan media ICT dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP N 1 Banyubiru?, (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Banyubiru dalam mata pelajaran PAI?, (3) Bagaimana pengaruh intensitas penggunaan media ICT dala m pelajaran pendidikan agama islam terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Banyubiru?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode ini menggunakan metode populasi karena penelitian ini dilakukan untuk kelas VIII SMP N 1 Banyubiru kab. Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) tingkat intensitas penggunaan media ICT dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Banyubiru dengan prosentase 80%, (2) Motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi dengan prosentase 95%, (3) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y pada siswa SMP N 1 Banyubiru. Artinya, ada pengaruh positif antara intensitas penggunaan media ICT terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti karena r xy lebih besar daripada r tabel (r product moment) yaitu 0,254 yang mana dengan N = 60 diperoleh nilai r pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,349 sehingga hipotesis dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:20
Last Modified: 16 Feb 2016 06:20
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item