PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK MELALUI METODE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV MI YASPI KAPONAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ratri, Eka Lestari Cahyaning (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK MELALUI METODE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV MI YASPI KAPONAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Eka Lestari Cahyaning Ratri_11511061.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas IV MI YASPI Kaponan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan fisik melalui metode the power of two. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap guru. Hasil tes dianalisis dengan statis tik deskriptif. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV MI YASPI Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran IPA masih rendah rata-rata kelas hanya mencapai 58,8 sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini karena dalam menyampaikan pelajaran IPA, guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pelajaran. Metode the power of two dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam membelajarkan IPA. Metode ini mengarahkan pemahaman siswa pada pembelajaran aktif (active learning) yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih mampu memahami materi, dan belajar IPA menjadi lebih menyenangkan. Penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa kelas IV MI YASPI Kaponan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang menunjukkan hasil bahwa penggunaan metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa atau 67% dan yang belum tuntas 7 siswa atau 33% dengan rata-rata kelas 71,21, siklus II yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 100% dan rata -rata kelasnya 80,73.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 01:52
Last Modified: 17 Feb 2016 01:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item