INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN MAGELANG (STUDI MULTI SITUS PADA MI AL-ISLAM TONOBOYO BANDONGAN, MI AL- FALAH KALIANGKRIK DAN MIN KRINCING SECANG TAHUN 2014-2015)

Islamiyah, . (2015) INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN MAGELANG (STUDI MULTI SITUS PADA MI AL-ISLAM TONOBOYO BANDONGAN, MI AL- FALAH KALIANGKRIK DAN MIN KRINCING SECANG TAHUN 2014-2015). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Islamiyah_M1.13.023.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah didirikan masyarakat sebagai lembaga pendidikan Islam dipercaya sebagai lembaga pendidikan tafaquhudin. Setelah lahir SKB tiga menteri tahun 1975 semakin mengokohkan kedudukan madrasah sebagai lembaga pendidikan tingkat dasar yang secara formal sejajardengan sekolah dasar. Dengan muatan kurikulumnya 70% pendidikan umum dan 30% pendidikan agama. Namun dalam kenyataanya animo masyarakat terhadap madrasah ibtidaiyah rendah. Mereka lebih suka memasukkan anaknya ke sekolah dasar dengan alasan pendidikan umumnya lebih maju. Sedangkan di MI serba tanggung, pendidikan umumnya tidak matang dan pendidikan agamanya tidak matang. Padahal dalam kenyataanya madrasah ibtidaiyah juga melakukan beberapa inovasi untuk mempertahankan eksistensinya, terutama inovasi dalam pendidikan agama Islam. Sehingga peneliti terusik klebih jauh untuk melakukan penelitian lebih jauh tentang inovasi pembelajaran agama Islamyang dilakukan madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Magelang dalam melakukan inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam,mengetahui implementasi inovasi pembelajaran Pendidikan agama Islam dan implikasinya terhadap lembaga pendidikan madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Magelang pada tahun 2014/2015. Adapun Pendekatan Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah teknikwawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini adalah: (1) Madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Magelang (MI Al-Islam Tonoboyo Bandongan, MI Al- Falah Kaliangkrik dan MIN Krincing Secang) dalam melakukan inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dimulai dengan melakukan inovasi pada Kurikulum yang digunakan dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berkarakter atau disingkat KTSP Berkarakter. (2) implementasi inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan tidak hanya inovasi pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas tetapi juga pembelajaran pendidikan yang dilakukan diluar kelas. Di samping itu juga melalui pembiasaan setiap hari,penerapan pelaksanaan ajaran Islam dalam kehidupan sehari- hari. Hal itu merupakan penerapaninovasi pembelajaran (3) Sebagai implikasi dari inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan madrasah ibtidaiyah tersebut adalah semakin kuatnyakepercayaan masyarakat untuk menitipkan anaknya di madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 01:57
Last Modified: 17 Feb 2016 01:57
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item