STRATEGI PEMASARAN SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PADA PRODUK PEMBIAYAAN OLEH DIVISI MARKETING BMT TARUNA SEJAHTERA KANTOR CABANG SURUH

Zulkarnain, Muhamad (2018) STRATEGI PEMASARAN SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PADA PRODUK PEMBIAYAAN OLEH DIVISI MARKETING BMT TARUNA SEJAHTERA KANTOR CABANG SURUH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Susunan TA MUHAMAD ZULKARNAIN 201-14-027.pdf

Download (5MB)

Abstract

Zulkarnain, Muhamad. 2017. Strategi Pemasaran Segmenting, Targeting dan Positioning pada Produk Pembiayaan oleh Divisi Marketing BMT Taruna Sejahtera Kantor Cabang Suruh. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi D III Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Drs. Alfred L, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi bagamaimana strategi pemasaran segmenting, targeting dan positioning yang dijalankan divisi marketing serta kendala-kendala yang dihadapi ketika memasarkan produk pembiayaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kendala yang ada. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekundernya dari dokumen-dokumen BMT Taruna Sejahtera Kantor Cabang Suruh. Hasil penelitian menemukan, strategi pemasaran produk pembiayaan BMT Taruna Sejahtera Kantor Cabang Suruh yang pertama segmenting memilih segmen geografi, demografi dan perilaku. Kedua targeting yaitu pedagang dan karyawan tetap. Pada positioning dengan memberikan pinjaman pembiayaan tanpa jaminan. Jumlah anggota produk pembiayaan bermanfaat mengalami perkembangan setiap tahunnya. Kendala utama segmenting terdapat pada segmen geografi yaitu infrastruktur lingkungan yang kurang memadahi, sedangkan segmen perilaku anggota tidak mau melengkapi berkas. Kendala positioning kurangnya pengetahuan dari calon anggota tentang produk yang ditawarkan, serta belum memahami perbedaan antara BMT dan koperasi biasa. Kata Kunci: Strategi, Segmenting, Targeting, Positioning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2018 02:28
Last Modified: 06 Mar 2018 02:28
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item