PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ULUM JEMBRAK KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015

Awalia, . (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL ULUM JEMBRAK KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Awalia_11511037.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan peningkatan prestasi belajar bahasa Arab melalui media permainan bahasa pada kelas IV MI Tarbiyatul Ulum Jembrak Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2015 di semester II. Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa Putra dan 7 siswa putri. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan mulai dari bulan Agustus-September 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data seperti berikut :standar KKM mata pelajaran Bahasa Arab adalah 60, sebelum menggunakan media permainan bahasa hanya ada 31,57% (6 siswa) yang tuntas dan 68,43 (13 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan media permainan bahasa al Kursiyyu as shohih aw al Khoto‟ dalam mata pelajaran bahasa Arab pada siklus I diperoleh 42,10% siswa tuntas (8 siswa) dan yang tidak tuntas 57,9% (11 siswa), meskipun ada peningkatan namun msih dibawah standar KKM. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 94,73% (18 siswa) tuntas sedangkan 5,27% (1 siswa) tidak tuntas belum memenuhi KKM. Berbandingan prestasi belajar dari prasiklus dengan siklus I dan terjadi peningkatan lagi dengan siklus II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:27
Last Modified: 17 Feb 2016 02:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item