PENGARUH KARAKTERISTISK MARKETING SYARIAH TERHADAP REPUTASI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Susanti, Helmi (2018) PENGARUH KARAKTERISTISK MARKETING SYARIAH TERHADAP REPUTASI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HELMI SUSANTI (21313153).pdf

Download (8MB)

Abstract

Susanti, Helmi. 2017. Pengaruh Karakteristik Marketing Syariah Terhadap Reputasi PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah S1, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Alfred L, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik marketing syariah terhadap reputasi bank BNI syariah KC Yogyakarta dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik marketing syariah yang dilihat dari sifat teistis, etis, realistis dan humanistis terhadap kepuasan nasabah dan bagaimana pengaruh teistis, etis, realistis dan humanistis terhadap reputasi, bagaimana pengaruh kepuasan nasabah terhadap reputasi, serta bagaimana kepuasan nasabah dalam memediasi pengaruh teistis, etis, realistis dan humanistis terhadap reputasi. Populasi diambil dari nasabah bank dalam satu semester dengan jumlah 750 nasabah. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan purposive sampling,dengan sampel 129 nasabah.Teknik analisis datamenggunakan metode regresi linier berganda dengan uji statistik terlebih dahulu dan path analysis. Uji statistik terdiri dari uji ttest, Ftest, koefisien determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan SPSS.16. Berdasarkan hasil uji ttest menunjukkan bahwa teistis dan realistis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan etisberpengaruh negatif dan tidak signifikan dan humanistis berpengaruh positif tidak signifikan. Hasil uji Ftest menunjukkan bahwa F hitung 46.473 dengan signifikansi 0.000, hal tersebut menunjukkan bahwa karakteristik marketing syariah dan kepuasan nasabah secara signifikan berpengaruh terhadap reputasi. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0.640 ini berarti kontribusi variabel independen (teistis, etis, realistis dan humanistis) mampu menjelaskanvariabel dependen (kepuasan nasabah) sebesar 64% sedangkan sisanya 36% dijelaskan variasinya oleh variabel lain di luar model. Kepuasan nasabah mampu memediasi pengaruh teistis, realistis, dan humanistis terhadap reputasi, sehingga pengaruh teiatis, realistis dan humanistis terhadap reputasi dapat melalui kepuasan nasabah. Sedangkan etis tidak dapat di mediasi oleh kepuasan nasabah. Kata Kunci: Teistis, Etis, Realistis, Humanistis, Reputasi, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2018 01:19
Last Modified: 07 Mar 2018 01:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item