POLA PENANGANAN GURU PAI DAN BK TERHADAP PENYIMPANGAN MORALITAS SISWA STUDI KASUS DI SMK SARASWATI DAN SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Mas'udi, Ahmad (2015) POLA PENANGANAN GURU PAI DAN BK TERHADAP PENYIMPANGAN MORALITAS SISWA STUDI KASUS DI SMK SARASWATI DAN SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Ahmad Mas'udi_ M111025.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Perkembangan moralitas siswa menjadi topik pembahasan utama dalam dunia pendidikan, sangat disayangkan betapa semakin menipisnya penanaman konsep kejujuran dan pembentukan karakter pada anak didik. Guru merupakan ujung dari keberhasilan pendidikan. Bimbingan Konseling dan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu bagian dalam upaya pembentukan moral para siswa. Dalam hal ini, guru berperan dalam mengembangkan serta membantu siwa dalam membentuk karakter yang baik sehingga tidak terjadi penyimpangan moralitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menget ahui bentuk-bentuk penyimpangan moralitas siswa, faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina siswa, pelaksanaan guru BK dan PAI dalam membina siswa, dan bentuk perubahan sikap serta moral siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Saraswati dan Sekolah Menengah Kejuruan Diponegoro Salatiga. Subjek penelitian ini adalah fenomena perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa-siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Saraswati dan Sekolah Menengah Kejuruan Diponegoro Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk-bentuk penyimpangan siswa- siswi SMK Saraswati dan SMK Diponegoro Salatiga ialah membolos, merokok, berkata kotor, berani sama guru ketika dinasehati, perkelahian antar teman, mabuk- mabukan, tawuran yang disebabkan karena faktor balas dendam, dan tindak asusila seperti ciuman, gandengan tangan, dan pelukan. Penanganan guru BK dan guru PAI adalah dengan membina melalui pelajaran dikelas secara klasikal, namun ji ka ada siswa yang kurang bisa menerima dilakukan pembinaan secara mandiri setelah pulang sekolah. Pola yang dilakukan guru BK dan guru PAI menggunakan dua pola yaitu dengan pola preventif dan represif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:03
Last Modified: 17 Feb 2016 03:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item