PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN MAKANAN DENGAN KESEHATAN MELALUI METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI RINGIN SARI KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2015

Sugiarti, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN MAKANAN DENGAN KESEHATAN MELALUI METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI RINGIN SARI KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Sugiarti_11511027.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Inside Outside Cirle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Hubungan Makanan dengan Kesehatan pada siswa kelas V SD Negeri Ringin Sari Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa, yakni 11 siswa laki- laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilakukan selama 3 bulan mulai bulan Juni-Agustus 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang dari tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II, diperoleh data seperti berikut: KKM pada mata pelajaran IPA adalah 60, sebelum menggunakan metode Inside Outside Circle hanya ada 8 (36,37%) siswa yang tuntas, sedangkan 14 (63,63%) siswa belum mencapai KKM. Setelah diterapkan metode Inside Outside Circle dalam mata pelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 15 (68,20%) siswa tuntas, dan 7 (31,80%) siswa tidak tuntas. Setelah dilakukan refleksi pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebanyak 20 (90,90%) siswa tuntas sedangkan 2 (0.10%) siswa tidak tuntas atau belum memenuhi KKM yang ditentukan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Inside Outside Circle, hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ringin Sari Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:13
Last Modified: 17 Feb 2016 03:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item