AGAMA DAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG PASAR PROJO DI AMBARAWA TAHUN 1986-2015

Mahanani, Ika Putri (2017) AGAMA DAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG PASAR PROJO DI AMBARAWA TAHUN 1986-2015. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BURNING FIX. AGAMA DAN SOSIAL EKONOMI PEDAGANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terbentuknya pasar merupakan konsekuensi logis pelembagaan transaksi jual-beli melalui aktivitas usaha perdagangan. Salah satu pasar yang memiliki potensi ekonomi yang baik adalah Pasar Projo Ambarawa. Lokasi Pasar Projo yang terletak dalam jalur regional Semarang Yogyakarta serta letak pasar yang diapit oleh kawasan penghasil komoditas pertanian mendorong Pasar Projo menjadi pasar sentra komoditas pertanian. Potensi Pasar Projo Ambarawa menguntungkan bagi para pedagang yang berdagang di pasar ini. Kegiatan perdagangan di Pasar Projo Ambarawa mendorong tumbuhnya perekonomian di kawasan Kabupaten Semarang. Pada era pasar bebas telah lahir pemikiran konvensional yang mengutamakan pencapaian keuntungan maksimal. Pemikiran konvensional tak selaras dengan ajaran agama Islam. Hampir 90 % lebih pedagang pasar Projo Ambarawa menganut agama Islam. Sebagai umat muslim pedagang menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim dengan melaksanakan ibadah. Ajaran agama Islam dapat membentuk etos dari para pedagang. Dengan hal tersebut mendorong penulis untuk meneliti mengenai relasi antara agama dengan kegiatan perdagangan di Pasar Projo Ambarawa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah dibantu dengan metode pendekatan ekonomi, sosiologi. Dalam menguraikan materi dalam penelitian ini, penulis menguraikan penelitian ini dengan mengungkapkan peristiwa masa lalu dengan metode penelitian sejarah dibantu dengan ilmu ekonomi untuk menguraikan kegiatan perdagangan di Pasar Projo, serta menggunakan ilmu bantu sosiologi untuk mengungkapkan tingkat keberagamaan dan interaksi sosial dari para pedagang. Pedadang Pasar Projo Ambarawa memiliki tingkat kesadaran agama yang baik, kegiatan perdagangan tidak lantas membuat para pedagang lupa akan kewajibannya sebagai seorang muslim. Bagi pedagang pasar Projo Ambarawa bekerja merupakan bagian dari ibadah kepada Allah SWT. Pemahaman ajaran agama Islam mendorong terbentuknya etos kerja pada kalangan para pedagang. Etos kerja para pedagang Pasar Projo Ambarawa dilandasi prinsip-prinsip ajaran agama Islam. Nilai-nilai ajaran agama Islam yang terdapat dalam Al-qur’an, Hadits dan Sunah Rasulullah membentuk etos kerja dari para Pedagang pasar Projo Ambarawa. Melalui etos kerja Islam timbul etika Islam dalam kegiatan perdagangan di Pasar Projo Ambarawa. Perilaku ekonomi dari para pedagang Pasar Projo Ambarawa dipengaruhi oleh pemahaman dari para pedagang mengenai ajaran-ajaran agama Islam. Relasi antara kegiatan perdagangan dan ajaran agama Islam dijembatani oleh etos kerja, dengan adanya etos kerja maka akan berimplikasi pada perilaku ekonomi dari pedagang. Kata kunci: Pasar Projo Ambarawa, Etos Kerja Islam, Perilaku Ekonomi Pedagang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Sejarah Kebudayaan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2018 05:44
Last Modified: 10 Mar 2018 05:44
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item